Teknik Penelusuran Goa Vertical

Posted by Andi Ainun Najib on Januari 12, 2012 in Uncategorized |

Single Rope Teknik

Teknik penelusuran gua vertical tidak terlepas dari sebuah teknik yang dinamakan Single Rope Teknik (SRT), yaitu teknik menuruni gua vertical dengan menggunakan satu tali atau tali tunggal. Teknik ini bermacam macam model tergantung dimana teknik itu ditemukan dan berkembang. Secara umum teknik SRT terbagi tiga yaitu Sit and Stand Teknik antara lain Frog Sistem dan Texas Sistem, Rope Walking Teknik antara lain : 3 Gibbs Ropewalker System, Mitchell System, A Foating Cam System, Jumar System, Frog-Floating Cam System dan perpaduan sit and stand dan rope walking contohnya penggunaan pantin dikaki pada frog system. Tetapi kita hanya akan membahas teknik Frog system karena teknik inilah yang banyak digunakan terutama di Indonesia.
Frog System mempunyai kelebihan lebih simple, ringan dan mudah digunakan dibandingkan dengan beberapa teknik yang lain. Meskipun lebih lambat dibandingkan dengan teknik Rope Walking tetapi untuk kondisi dalam gua tidak terlalu dibutuhkan kecepatan dalam memanjat
tali karena medan gua yang terkadang sempit, berair atau berlumpur, rawan batu terjatuh, ini memerlukan kehati-hatian. Dibawah ini model instalasi Frog System:
Rappelling (Descending/Abseiling)
Teknik menuruni tali dengan menggunakan peralatan Descender. Umumnya peralatan yang digunakan adalah Bobbins (Capstand) jenis Simple atau Autostop. Kemudian menambahkan carabiner Non Screw untuk menambah friksi pada tali agar lebih mudah mengontrol laju dan merubah arah tarikan tali kesamping atau keatas. Dibawah ini tahapan ketika akan melakukan rappelling.
Memasang Descender
Pasang cowstail pada carabiner anchor atau pada tali diantara main anchor dan back up anchor. Kemudian buka pintu descender lalu lilitkan tali sesuai dengan gambar yang tertera pada alat. Kencangkan tali dengan menarik tali sekuat kuatnya dan masukan tali pada carabiner friksi. Lihat gambar dibawah :
Mengontrol Laju
Pada saat melakukan Rappelling, yang harus diperhatikan adalah bagaimana mengontrol laju atau kecepatan turun.
Mengunci Descender
Mengunci dilakukan pada saat akan memasang anchor, beristirahat ditali dan kadang- kadang pada saat melewati Intermediate ,sebelum memulai Rappelling atau situasi lain yang mengharuskan kita mengunci descender. Lihat gambar dibawah :
Melewati Intermediete
Yang harus dilakukan untuk melewati intermediate adalah,
1. Pelankan laju ketika mendekati Intermediate dan berhenti setelah posisi kita sejajar dengan Anchor.
2. Cantolkan Cowstail Pendek pada Carabiner Anchor, dan kalau diperlukan kunci Desceder terlebih dahulu.
3. Lanjutkan atau turunkan Descender sampai posisi badan tergantung pada Cowstail Pendek.
4. Lepaskan tali dari Descender, kemudian ambil tali dibawah Anchor, pasang kembali Descender. Untuk tetap dua pengaman jangan lepaskan Carabiner Friksi sebelum Descender berpindah ketali dibawah anchor atau memasang Jammer sebagai pengaman (kalau diperlukan).
5. Setelah itu lepaskan Cowstail Pendek dengan menginjak pijakan pada dinding gua atau menginjak Loop Intermediate dan lanjutkan Rappelling.
Melewati Sambungan Tali
1. Turun hingga Descender sampai kesimpul dengan terlebih dahulu melepaskan Carabiner Friksi.
2. Pasang dan tempatkan posisi Ascender dari Carabiner Cowstail Pendek, ketika ditegangkan keatas dengan bagian atas Ascender berjarak sekitar 10 Cm.
3. Lepaskan Cowstail Panjang dari Ascender lalu cantolkan ke Loop Simpul sambungan tali.
4. Injak Foot Loop, berdiri dan pasang cowstail pendek di tali tepat bagian atas kepala Ascender.
5. Duduk dan beban akan berpindah ke Cowstail Pendek
6. Lepaskan Descender dari tali, dan pasang kembali ke tali bagian bawah simpul sambungan tail dan dikunci.
7. Berdiri dengan menginjak Foot Loop, lepaskan Cowstail Pendek dan beban akan berpindah ke Descender.
8. Lepaskan Ascender dan Cowstail Panjang dari Loop Simpul sambungan tali.
9. Lanjutkan Rappelling.
Melewati Deviasi
Tekniknya lebih mudah melakukannya, dengan cara :
1. Rappelling sampai Descender melewati atau berada sedikit dibawah posisi Anchor.
2. Cantolkan Cowstail Pendek pada carabiner deviasi dibagian dalam tali, supaya mudah melepaskan tali dari Carabiner Deviasi (lakukan langkah ini bila diperlukan)
3. Lepaskan tali dari Carabiner deviasi lalu kaitkan pada tali bagian atas Descender.
4. Lanjutkan Rappelling.
Ascending
Meniti tali keatas dengan menggunakan dua alat Ascender. Untuk Teknik Frog System menggunakan Jammer atau Basic Jammer pada bagian atas yang didorong dengan tangan dan menggunakan Croll (Chest Ascender) yang dipasang didada. Sebelum memulai meniti tali harus memperhatikan pemasangan alat yang benar. Pemasangan Croll harus benar-benar rapat kebadan, agar supaya pada saat naik Croll tetap tegak lurus yang memudahkan melewati tali. Untuk mendapatkan ikatan Chest Harness yang pas, sebaiknya memasangnya dengan sambil membungkuk atau mengencangkannya kembali setelah Croll terpasang ditali.
Diawal kita melakukan Ascending kadang kala Croll masih susah melewati tali. Terutama kalau tali berlumpur atau agak besar diameternya. Kalau mendapatkan kondisi seperti itu, ketika berdiri tali dibawah Croll harus ditarik. Lakukan hal berkali kali hingga pada ketiggian idial, berat tali akan dapat menarik sendiri dan Croll dapat melewati tali.
Bagi para pemula paling sering mengalami masalah ini, karena belum mendapatkan cara berdiri yang benar. Pada saat berdiri badan harus tegak lurus keatas dengan menempatkan posisi kaki tepat dibawah pantat.
Hindarkan posisi kaki keluar atau condong kedepan pada saat berdiri. Hal yang juga dapat dilakukan yaitu dengan cara menjepit tali dengan menggunakan dua aki. Ini lebih muda dilakukan apabila kita menggunakan Foot Loop yang menggunakan dua loop.
Ascending Melewati Intermedite
Dibawah ini cara melewati Intermediate :
1. Berhenti mendorong Ascender bila telah sampai pada simpul anchor dan sisakan jarak antara simpul dengan Ascender sepanjang 2-3 cm. karena kalau mentok di simpul bisa menyebabkan Ascender susah dilepaskan.
2. Cantolkan Cowstail Pendek pada Carabiner Anchor lalu lepaskan Croll dan langsung pasang pada tali yang keatas. kemudian lepaskan juga Ascender lalu pasang ketali yang keatas.
3. Lakukan ascending hingga mendapatkan posisi yang mudah melepaskan Cowstail.
4. Lanjutkan Ascending setelah melepaskan Cowstail.
Perhatikan posisi carabiner setelah melewati intermediate Karena kadang kala akan mengalami perubahan posisi. Berbahaya apabila posisi carabiner berputar dan mendapatkan pembebanan yang tidak sebagai mana mestinya, seperti posisi horizontal bukan pembebanan yang vertical. Kalau mendapatkan hal seperti ini kembalikanlah posisi carabiner seperti sebelumnya atau pada pemasangan yang benar.
Ascending Melewati Sambungan Tali
Teknik melewati sambungan tali yaitu:
1. Pasang Cowstail pendek pada Loop Simpul sambungan tali apa bila ascender telah sampai dekat simpul.
2. Pindahkan Ascender ke tali diatas simpul.
3. Injak Foot Loop dan berdiri sambil melepaskan Croll, lalu pasang Croll pada tali diatas simpul.
4. Lanjutkan melakkan Ascending
Sumber :
http://mapala-gms-artikel.blogspot.com/2010/12/teknik-penelusuran-gua-vertical.html

Want to leave a note? Just fill in the form below.

Copyright © 2012-2014 petualangan chenkpow All rights reserved.
This site is using the Desk Mess Mirrored theme, v2.2, from BuyNowShop.com.